Rabu, 01 Agustus 2012


Era Kebangkitan Moslem Fashion

Semakin hari, geliat dunia mode muslim/muslimah semakin tumbuh subur di blantika fashion International.Gejala yang mulai terlihat dari tiga hingga lima tahun kebelakang ini bukan tanpa kontribusi dari para perancang Indonesia.
Sebut aja Ida Royani, Ida Leman, atau Anne Rufaidah. Mereka adalah segelintir nama-nama perancang yang konsisten menampilkan busana muslim sebagai hasil karyanya. Kita mencoba kembali ke taun 80-an, dimana busana muslim masa itu dipandang sebelah mata bahkan dipandang sebagai fashion yang terbelakang baik oleh kalangan non muslim ataupun oleh muslim-nya sendiri. Tetapi, menginjak tahun 90-an , tepatnya 1991, dimana diadakan festival istiqlal pertama kalinya saat itu, para perancang, setiap minggu membuat pagelaran busana muslimah. Efeknya langsung terlihat di pasar, dimana busana muslimah menjadi salah satu yang banyak ditawarkan.


era 90an awal msh dipengaruhi warna2 80's 


Bentuk dan mode terus terexplore dengan kian kreatif dan bermunculan perancang-perancang muda berbakat hingga saat ini.
Bahkan disamping Korean Wave, ternyata Indonesia dan negara-negara tetangga terutama Malaysia telah menyebarkan Moslem Mode Wave. Mungkin bagi pemerhati fashion International mereka benar-benar terkena 'booming'nya. Hal ini kebuktian dengan undangan khusus dari ajang “The International Fair of Muslim World di Le Bourget Exhibition Center”,tahun lalu (2011) dimana Indonesia  memamerkan karya seni muslim berkualitas di panggung dunia.Selain mengisi sesi ‘fashion show’, Indonesia berkesempatan mengisi ‘opening ceremony’ dan memberikan pidato usai Ketua Panitia. Selain itu, Indonesia juga berhak mengikuti ‘pers conference’ di mana banyak media internasional hadir.
Selain perancang Indonesia yang mulai konsisten menampilkan busana muslimahnya, para desainer International mencoba juga untuk menjadikan busana muslim (tanpa hijab) untuk busana keseharian. Mungkin dunia International sudah bosan akan perdebatan panjang mengenai asal usul dan pertanyaan mengapa mesti menggunakan busana muslim? ataukah mereka memang ‘mentok ide’akan hasil rancangan yang umbar aurat? entahlah. sekedar mengingatkan kembali kepada pedoman hidup kaum Muslimin, bahwa Islam suatu saat akan berjaya kembali.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar